JAKA SEMBUNG

08:29
Jaka Sembung
Pada zaman penjajahan Belanda, Parmin alias Jaka Sembung merupakan jawara sakti Kandanghaur. Ia memberontak atas ketidakadilan pemerintah Hindia Belanda yang mengharuskan para tawanan bekerja paksa.
Untuk menumpas Jaka Sembung, KomandanHindia Belanda setempat mengadakan sayembara. Jawara sakti Kohar
awalnya kalah, tapi kemudian seorang dukun Jawa mengusulkan agar mereka menghidupkan kembali Si Hitam, seorang jagoan sakti kejam yang pernah mati di tangan guru Jaka Sembung. Si Hitam memiliki ajian gelap dan misterius Rawa Rontek yang membuatnya tak bisa mati bila tubuhnya menyentuh tanah.

Parmin dikhianati oleh salah seorang penduduk desa dan hendak ditangkap.
Parmin kalah telak saat berhadapan dengan Si Hitam yang juga menguasai ilmu sihir dan ditangkap. Tidak hanya disiksa, kedua mata Parmin dicongkel secara keji oleh Komandan Hindia Belanda, dan walaupun berhasil meloloskan diri, dia disihir menjadi seekor babi hutan oleh Si Hitam. Usaha Parmin untuk melarikan diri akhirnya berhasil berkat bantuan kekasihnya, Surti . Surti membawa Jaka yang telah menjadi babi ke tengah hutan di mana mereka bertemu dengan guru Jaka, seorang petapa
yang sakti. Surti yang mencintai Parmin rela untuk mengorbankan nyawanya demi kekasihnya tersebut. Surti rela menyumbangkan kedua matanya untuk "dicangkokkan" pada Parmin dalam sebuah ritual ajian mistik yang membahayakan nyawanya sendiri. Akhirnya Surti meninggal setelah memberikan kedua matanya kepada Parmin sebagai bentuk cinta sejatinya.
Parmin yang sangat sedih bersumpah untuk membalas dendam pada Komandan Hindia Belanda yang keji dan Si Hitam.

Setelah berhasil memulihkan diri dan bekal ajian sakti dari gurunya, Jaka Sembung bergerak untuk memimpin rakyat desa dengan dibantu Maria, putri komandan Hindia Belanda yang tidak setuju dengan sikap keji ayahnya pada rakyat. Mereka berdua dan rakyat desa akhirnya menyerbu ke benteng Hindia Belanda dan juga Si Hitam dalam sebuah pertempuran final yang sengit, yang dimenangkan oleh Jaka sembung dan kawan kawan .............................................................................. Kisah lainnya lagi.... ASAL-USUL JAKA SEMBUNG BAJING IRENG
Alkisah Bajing Ireng adalah seorang pendekar wanita yang bernama asli Roijah dari Desa Kandang Haur. Melihat ketidak-adilan dan penderitaan rakyat, Bajing Ireng merampok harta orang-orang kaya dan tamak dan terutama para penjilat Kumpeni untuk didermakan kepada rakyat jelata yang menderita.
Penderitaan rakyat pada waktu itu bukan saja dari penjajah Belanda, tetapi juga akibat bencana alam yang bertubi-tubi. Suatu hari ketika pulang merampok di rumah Demang Asmara, Bajing Ireng dicegat oleh Jaka Sembung. Dia mengira bahwa Jaka Sembung (Joko Sembung) adalah orang bayaran Demang Asmara, maka Bajing Ireng langsung menyerang Jaka Sembung.
Sambil sibukmeladeni serangan Bajing Ireng, Jaka Sembung
berusaha menjelaskan siapa sebenarnya dirinya. Setelah berhasil
menjelaskan siapa dirinya sebenarnya, Bajing Ireng berbalik mengagumi ketangkasan Jaka Sembung yang bernama
asli Parmin itu. Parmin adalah pendekar yang dianggap memberontak dan membahayakan pemerintahan Belada pada waktu itu. Dia adalah seorang buronan Belanda yang barang siapa bisa menangkapnya akan diberi hadiah yang besar oleh Belanda.
Demang Asmara yang sudah lama bersengkongkol dengan Kumpeni menyediakan diri dengan syarat jika berhasil menangka Jaka Sembung minta kedudukannya dinaikkan menjadi bupati. Dan Kumpeni pun sepakat, maka diaturlah siasat untuk menangkap Jaka Sembung dengan segala kelicikan Demang Asmara.
Dengan segala kelicikan Demang Asmara, akhirnya Jaka Sembung berhasil di tangkap dan dijebloskan kedalam penjara. Didalam penjara, Jaka Sembung mendapat perlakua bak binatang dan siksaan yang sagat berat. Penderitaannya di dalam tahanan seolah tiada hentinya.

Dendam Balung Wesi terhadap Ki Sapu Angin guru Jaka Sembung
tak pernah padam membuat ia menjadi pembunuh dan melakukan perbuatan yang membabi buta karena dipengaruhi oleh ilusinya. Kehebatan pendekar sesat ini segera dimanfaatkan oleh seorang Demang, yaitu Juragan Asmara Cakradiningrat yang menjadi orang kepercayaan Kompeni Belanda dalam menindas setiap perjuangan rakyat di daerah Pasundan.
Selain Balung Wesi, Juragan Asmara menghimpun pula beberapa pendekar sesat untuk memerangi perjuangan rakyat yang dipimpin oleh Jaka Sembung. Sebagai seorang Pendekar yang disegani oleh Kompeni. Dalam perjuangannya melawan Kompeni yang dipimpin oleh Kapten De Koneng, Jaka Sembung dibantu oleh seorang pendekar wanita bernama Bajing Ireng. Bajing Ireng
sebelumnya sudah berjuang melawan Kompeni seorang diri, dimana dia berlaku sebagai pencuri budiman, yaitu mencuri harta orang-orang kaya kepercayaan Kompeni maupun milik Kompeni sendiri untuk dibagikan pada rakyat yang miskin dan menderita.
Dalam perjuangannya, Jaka Sembung dan Bajing Ireng selalu dilindungi oleh gurunya masing-masing, yang masa sebelumnya para guru itu saling punya kaitan peristiwa sebelumnya
dengan para pendekar sesat itu. Segala macam peristiwa dan penderitaan dialami baik oleh Jaka Sembung maupun
Bajing Ireng dalam perjuangannya. Dan Musuh yang dihadapinya bukan saja para penjajah Kompeni, tapi juga bangsa sendiri yang rela menjual tenaga dan nyawanya untuk kepentingan sang penjajah.
Setelah melihat tekad dan keberanian dari Jaka Sembung
dan Bajing Ireng, maka rakyat Pasundan bangkit kembali semangatnya untuk berjuang melawan kezaliman dan keserakahan Kompeni beserta pendukungnya.
Akhirnya dengan semangat yang menyala dan dukungan segenap masyarakat / rakyat Jaka Sembung dan Bajing Ireng akhirnya dapat menumpas Kompeni dibawah pimpinan Kapten De Koneng serta Juragan Asmara Cakradiningrat serta pengikutnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
12 August 2017 at 10:19 delete

Assalamualaikum wr wb.
"BISMILLAHIRROHMANIRRAHIM"
Salam ukhuwah islamiah buat semua saudara-saudari,
Baik yang menjadi TKI/TKW maupun yang ada di dalam negri...
Mohon di maaf jika kehadiran saya di blog ini Mengganggu kenyamanan pengguna Blog/Web..
Kehadiran saya di sini hanya ingin menyampaikan kepada saudara*i semua yang sedang dalam berbagai Masalah seperti diantaranya Masalah RUMAH TANGGA/KELUARGA, Masalah KARIER/JABATAN, Masalah JODOH, Masalah HUKUM, Masalah KEUANGAN/HUTANG PIUTANG, Masalah ANAK, Masalah USAHA/BISNIS, berbagai masalah lainnya.. ataupun yang Membutuhkan bantuan dana puluhan juta bahkan ratusan juta dalam waktu singkat,,, JANGAN CEMAS, Jangan Khawatir atau sampai putus asa. Masih ada jalan untuk mendapatkan SOLUSINYA, Kyai AJI JAYABAYA akan membantu anda dengan Ilmu Spiritual Gaib Tanpa Resiko Dan Efek Samping.!!!
KYAI AJI JAYABAYA di No.Tlp CALL/SMS : 082333390858 /or/ +6282333390858
Dijamin 100% Sukses & Berhasil, Bebas agama/keyakinan
Proses cepat tepat akurat & Tanpa resiko apapun 100% Aman.!!!

INGAT...!!!JANGAN SIA-SIAKAN KESEMPATAN YANG ADA,SEBAB KESEMPATAN TIDAK DATANG KE 2 KALINYA...
Guru Konsultan Spiritual, Pakar Ahli Ilmu Supranatural, Tempat Ilmu Gaib Instant, Pusat Benda Gaib Bertuah, Pakar ahli ilmu metafisika dan kebatinan, Ilmu Spiritual Putih/Hitam, Ilmu Spiritual Jawa,Ilmu Pesugihan Putih dan Ilmu Pesugihan Tanpa Tumbal, Pesugihan Instan Dana Gaib Tanpa Resiko Dan Efek Samping dijamin 100% Aman!!! SEKIAN,TERIMA KASIH,,Wassalam...

Reply
avatar